Jentika.ID – Instagram Bisnis penting untuk dipahami oleh orang-orang media sosial. Sebab, penggunaan media sosial tidak hanya untuk memposting foto atau video, tetapi juga digunakan untuk menjual produk bisnis yang Anda miliki.
Instagram sendiri merupakan salah satu media sosial yang memiliki dampak besar dan penting bagi bisnis. Sejauh ini, Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan sekitar 60 juta foto dibagikan setiap hari dan dapat memberikan 1,6 miliar likes.
Instagram juga merupakan aplikasi paling populer dan berguna untuk berbagi foto dan video. Inilah salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai keuntungan bagi para pebisnis untuk membangun dan menumbuhkan brand bisnis.
Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Instagram untuk mendukung bisnis Anda. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas strategi pemasaran Instagram untuk bisnis.
Strategi Pemasaran Instagram yang Terbaik

Saat Anda memiliki akun bisnis yang digunakan untuk menjual produk branding, Anda perlu mengembangkan rencana pemasaran untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil yang nyata untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran Instagram yang sukses untuk diterapkan pada bisnis online Anda!
Perhatikan waktu upload konten
Salah satu hal yang perlu Anda lakukan dalam hal waktu posting adalah memiliki waktu posting yang teratur tanpa mengganggu followers Anda dengan update yang berlebihan.
Nantinya, Anda bisa memilih jadwal dengan mengikuti tes di waktu yang berbeda dan melihat hasilnya. Dengan memilih waktu pengunggahan, Anda juga menganalisis kapan kiriman mendapatkan keterlibatan paling banyak.
Ada fakta lain yang menyebutkan bahwa pengguna Instagram akan lebih sering membuka aplikasi saat jam istirahat, atau saat istirahat, atau setelah melakukan aktivitas kerja, seperti rapat, belajar atau kegiatan serupa.
Setelah Anda melihat waktu mana yang paling sesuai, masukkan waktu tersebut ke dalam kalender konten atau kalender editorial Anda untuk merencanakan kapan memposting di Instagram.
Tentukan topik konten
Memilih konten dengan topik yang berbeda juga dapat membantu bisnis agar pelanggan tidak bosan dengan konten yang dimilikinya. Juga ada konten yang berbeda dapat membantu Anda mencapai tujuan yang berbeda pula.
Misalnya, akun Instagram sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan mencari mahasiswa baru dapat memilih kontes, kisah alumni, dan kehidupan kampus sebagai topik konten utamanya.
Buat panduan konten
Instagram adalah media sosial yang perlu memiliki gaya tersendiri untuk membedakan akunnya dengan merek lain agar merek Anda mudah diingat.
Agar lebih mudah, coba buat panduan untuk postingan Instagram Anda. Mulai dari itu, apakah Anda ingin menggunakan emotikon dalam teks Anda? Apakah Anda ingin menggunakan bahasa formal atau informal untuk teks Anda? Ingin menggunakan ilustrasi untuk posting Anda?
Namun perlu diingat bahwa pedoman gaya ini dibuat untuk membuat akun Instagram Anda berbeda, konsisten, dan mudah diingat. Ini juga bisa menjadi cara untuk merek produk.
Buat pedoman keterlibatan untuk menanggapi pesan dan komentar
Panduan ini dirancang untuk menentukan bagaimana seharusnya bisnis Anda berinteraksi dengan akun Instagram lain, mulai dari menyukai dan mengomentari foto akun lain hingga menanggapi komentar yang masuk ke akun Instagram bisnis Anda.
Gunakan gaya visual yang konsisten
Sebuah studi WebDam tentang wawasan media sosial menemukan bahwa 60% merek teratas di Instagram menggunakan filter yang sama di setiap pos.
Dengan menggunakan filter yang sama untuk semua foto Anda sendiri, maka akun bisnis Instagram Anda akan memiliki gaya yang mudah dikenali oleh pengikut Anda. Karena salah satu tujuan kita dalam menggunakan Instagram, adalah untuk mendapatkan respon like dan komentar orang lain. Semakin mudah orang mengenali foto Anda, semakin besar pula kemungkinan pengikut Anda yang akan menyukai dan mengomentari foto Anda.
Untuk membantu Anda membuat konten visual yang konsisten, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi pengeditan seperti VSCOcam dan Enhance. Kedua aplikasi menyediakan filter dan beberapa pilihan pengeditan yang dapat membantu Anda menemukan gaya yang sesuai dengan merek produk Anda.
Tentukan topik yang ingin ditampilkan
Secara visual, Anda perlu menentukan konten apa yang ingin Anda tekankan di akun Anda. Tentunya jika Anda menjual baju, foto yang akan Anda upload ke akun Instagram bisnis Anda adalah foto baju. Jika Anda memiliki restoran, tentunya Anda akan mengunggah foto-foto makanan dari restoran Anda.
Namun tentunya terkadang Anda diperbolehkan untuk mengunggah gambar yang mungkin tidak berhubungan dengan bisnis Anda namun bisa menjadi postingan yang menarik untuk followers Anda. Misalnya sebagai contoh adalah foto hewan peliharaan atau foto-foto staf bisnis Anda, untuk membuat profil Anda lebih personal dan terlihat kredibel.
Gunakan tagar bermerek
Meskipun Instagram merupakan media sosial yang mengutamakan unsur visual, ada unsur non visual yang harus Anda tambahkan pada brand Instagram Anda, seperti gaya caption. Salah satu teknik populer adalah tagar bermerek. Ini bukan berarti hanya melulu menggunakan nama perusahaan Anda, sebagai tagar. Anda juga dapat membuat tagar yang melambangkan dan mewakili merek Anda dan mendorong pengikut untuk membagikan foto yang cocok dengan tagar tersebut.
Kenali identitas pengikut
Bisnis Anda tidak akan berhasil di Instagram hanya dengan meniru strategi merek lain. Seperti contoh apa yang berhasil untuk Starbucks atau Red Bull tidak akan berhasil untuk lembaga keuangan atau organisasi nirlaba.
Perhatikan audiens Anda dan pastikan Anda memenuhi minat dan keinginan mereka. Lihat apa yang berhasil untuk bisnis Anda di jejaring sosial lain, konten apa yang dibagikan audiens Anda di Instagram, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pesaing atau merek seperti Anda.
Berpikir kreatif
Strategi pemasaran Instagram yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kreativitas dengan mengedit beberapa gambar, menambahkan filter, dan memposting. Ketiga langkah ini sebenarnya adalah langkah dasar untuk menggunakan Instagram.
Ini mungkin berhasil ketika Instagram masih dalam masa pertumbuhan, tetapi platformnya telah banyak berubah dan sekarang menawarkan banyak peluang bagi bisnis untuk berbagi semua jenis konten interaktif dan menarik.
Selalu gunakan caption pada postingan
Instagram mungkin berisi konten yang menarik secara visual, tetapi jangan abaikan keterangan yang menyertai setiap foto. Teks memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menceritakan sebuah kisah.
Keterangan Instagram memungkinkan Anda memperluas gambar, memberikan konteks, dan bahkan membuat pengikut Anda tertawa (terutama jika Anda suka menggunakan emotikon).
Gunakan fitur album dalam postingan
Anda juga bisa menambahkan beberapa objek foto hingga 10 foto dan video ke satu postingan Instagram. Fitur ini memberi pengguna kemampuan untuk menggulir dan melihat setiap konten satu per satu. Album ini menawarkan bisnis cara menggabungkan foto dan video untuk menceritakan kisah dan menyampaikan informasi dengan cara yang sangat menarik.
Gunakan Instagram Stories untuk konten pendek
Kisah-kisah Instagram telah mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna setiap hari. Ini adalah bukti bahwa bisnis harus dapat memanfaatkan Instagram Stories untuk mempromosikan merek mereka. Instagram Stories dapat menjadi alat yang sempurna bagi bisnis untuk mengasah kreativitas mereka dan membuat foto dan video yang menarik.
Kolaborasi dengan influencer
Identifikasi influencer Instagram yang relevan dengan merek atau industri Anda dan mulailah membangun hubungan.
Beri mereka kendali atas akun Anda selama sehari untuk diambil alih, atau hubungi mereka untuk bekerja mensponsori konten di akun mereka sendiri.
Mensponsori mereka dengan produk atau layanan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk mengekspos merek Anda ke komunitas Instagram yang lebih besar.
Meskipun banyak influencer akan meminta bayaran mahal jika Anda ingin bekerja dengan mereka, Anda pasti dapat menemukan influencer yang mungkin memiliki lebih sedikit pengikut dan jangkauan tetapi tetap sesuai dengan anggaran Anda.
Maksimalkan fungsi Reels
Fitur reels resmi sudah masuk ke Indonesia pada pertengahan 2021 atau Juni 2021, karena membutuhkan proses koreksi setelah satu tahun penelitian yang dilakukan di komunitas AS dan Eropa, termasuk perbaikan bug, pembayaran lisensi untuk musik yang digunakan dan item tambahan lainnya.
Sebagai fitur baru, reel berhasil menarik minat para pengguna Instagram untuk terus berinteraksi dengan konten yang telah dibagikan oleh pembuat konten. Bahkan disebutkan bahwa penggunaan fitur ini untuk reel dapat meningkatkan 54% engagement ketika fitur ini dimaksimalkan.
Bangun keterlibatan melalui cerita
Selain reel, ada fitur lain yang bisa digunakan yaitu story. Instagram story ini bisa membawa keuntungan tersendiri karena dengan ini, penonton akan memilih untuk melihat story dari orang-orang yang benar-benar mereka ikuti.
Tidak hanya itu, instagram story ini juga bisa menjadi cara untuk membangun engagement dengan followers karena ada beberapa fitur yang bisa digunakan seperti polling, tanya jawab, dll.
Ini adalah strategi pemasaran Instagram untuk meningkatkan bisnis yang dapat diterapkan. Tetapi penting untuk diingat bahwa pengguna Instagram menghargai konten berkualitas tinggi. Jadi buat foto dan video yang memberikan informasi menarik kepada audiens Anda atau pamerkan produk Anda dengan cara baru dan unik.
Selain berbagi foto dan video, Anda juga bisa meningkatkan bisnis dengan membuat website menggunakan hosting terbaik. Tujuannya agar produk yang dijual lebih mudah dijangkau oleh calon pembeli.
Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang digital marketing dan cara kerja untuk mempromosikan produk Anda, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan Turnbacklink untuk membahas strategi pemasaran apa saja yang bisa dilakukan.